me-beiboh

Daisypath Anniversary tickers

14.6.11

..Roti Lauw & Kembang Tahu..

Photobucket
begitu kuliah di Bandung..ada 2 hal yang bikin saya kangen sama rumah di Ibukota..
bukan karena rumahnya juga sih *loh? loh? 
untuk yang sekarang ini lebih ke "yang lewat" di depan rumahnya.. :) *sama isi rumahnya juga kangen koq..pa..maa...dek..hohohohohohoh
agak lebay sebenernya..karena di Bandung pun mungkin akan nemuin dua hal itu juga tapi pastinya dalam versi yang beda..

mmm..dua hal ini gak jauh-jauh dari makanan..dan dua-duanya juga sangat-sangat old school skalii..tradisional..*walopun begitu tetep aja hampir 5 taun tinggal di Bandung gak nemu tuh yang sama persis kayak gini..

mereka ini adalah abang Tukang Roti Lauw dan abang Tukang Kembang Tahu..

Roti ini selalu lewat pagi-pagi buta di depan rumah saya..dan si mamah pasti langsung manggil & nanya saya, "uni..maw roti itu apa roti yang enak aja yang bentar lagi lewat (baca :s*rir*ti)?" *loh mah..roti yang itu enak juga koq..
Photobucket
emang tebel-tebel dan gak selembut roti-roti iklan&mall *karena memang gak pake soda kue kayak roti umumnya, isian keju dan coklatnya juga biasanya bergumpal-gumpal cenderung ngumpul di satu bagian..khas banget..legend-lah *gimana gak legend..umurnya aja sama kayak Indonesia merdeka..susah nyeritain alesan kenapa saya suka..intinya slalu roti ini yang kepikiran pertama kalo bangun pagi..roti keju asin (ada keju manis juga soalnya) atopun moka, biasanya slalu itu yang saya beli..*dari satu artikel yang saya baca juga katanya roti lauw itu sehat karena gak pake bahan pengawet..uuuu..pengennyaaah..

kalo si abang ga lewat depan rumah, biasanya pas pulang sekolah saya sengaja lewat terminal rawamangun dan si abang dkk lagi mangkal di sana..hii..

sekarang ini..udah ga pernah beli Roti Lauw, udah cukup susah buat ditemuinnya *katanya sih sekitaran fatmawati pasar boplo kalo maw cari, ada tokonya juga di sana ..sekarang ini pengemasannya pun udah lebih modern, ga kayak dulu yang dibungkus cuma pake kertas roti..sekarang udah pake plastik makanan..

Selain Roti Lauw, Tukang Kembang Tahu lah yang juga bikin saya kangen rumah..sore-sore..tung-tung-tung..pasti si abang lewat..kuah gula merah-jahe dan puding tahunya yang lembut banget *ini sebenernya susu kedelai yang dipadatkan..ahhh..pengen.. >,< konon katanya dulu dessert ini dari China dan disebut Tauhue..

..si abang kembang tahu..
kembang tahunyaaaa...
dua kuliner ini selain harganya bersahabat, dua-duanya juga menyehatkan..ga pake pengawet buat rotinya dan jahe yang anget dari kuah kembang tahunya pasti di perut jadi enak..kangen..kangen..kangennn..

Photobucket

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar