me-beiboh

Daisypath Anniversary tickers

31.8.10

Singapore : #3


di hari pertama 27 Agustus 2010,,
acara utamanya berlokasi di Hotel Holiday Inn Outram Park
peta Holiday Inn Outram Park..kita naik taxi kesini..sekitar 25 menit dari Geylang, Hotel Fragrance..Geylang gak keliatan sii dari peta..tapi keliatannya bisa naik MRT juga dari Geylang kesini..tapi waktu itu masih belum ngerti..hehe..bisa berhenti di Outram MRT station atau Tiong Bahru MRT station kayaknya, berangkat dari Geylang via Aljunied MRT station..
ini foto lobby hotelnya..bentuk liftnya kayak kapsul gitu..gaya arsitekturnya menurut saya sii nge-inn di tahun 90an awal..gak bersudut kayak gaya-gaya bangunan minimalis sekarang ini tapi bulet-bulet..



ini bagian restorannya..di lantai 2. Hotel ini bener-bener ngingetin saya tentang gaya arsitektur yang ngetop di tahun 90an awal..lampu lobinya..bentuk liftnya..pintu utama..semuanya..

kita sampai di Holiday Inn, jam 11.30an siang..
dibimbing sama ASHRAE student chapter Malaysia, namanya Wani..
wani..cantik deh..wanita muslimah berjilbab dan sangat enerjik..friendly juga..^^


kita semua langsung ke lantai empat tempat seminarnya..sebenernya udah telat..
dan guess what?
kita dateng kesana sambil bawa-bawa tas baju kita..kita gak dibolehin Check In di Fragrance karena belum jadwalnya orang buat Check Out di hari itu..kita baru bisa Check In jam 15.oo sorenya..
tas baju akhirnya dititipin di ruangan lain dan kitapun masuk ruang seminar dengan lusuhnya..

sebelumnya kita diberi nametag masing-masing oleh panitia..
ini benda paling berharga yang saya dapet kemaren ini..Miss Dara Gendys Werynda..gak salah dong ejaannya..yeiiy!
seminarnya bertemakan "Green Buildings: Developments and Technologies", dengan mengangkat isu global berkenaan dengan Perubahan Iklim yang menjadi masalah serius untuk saat ini.
Di dalam seminar ini juga diperbolehkan untuk sharing dan transfer ilmu dan informasi antara speakers dan participants.
Pembicara di dalam seminar ini merupakan orang-orang yang sangat berkompeten di bidangnya. Mereka adalah :



inilah mereka..Mr Kesava - Prof. Lee - Mr Crawley
sekitar jam 14.oo siang..seminarpun selesai..
yang ada dipikiran tuh cuma barang-barang yang belum aman di tarok di kamar hotel,,poster acara untuk dilombain yang belum sempet dibikin,,dan kaki yang udah pegel-pegel sama kerongkongan yang udah haus serta perut yang keroncongan karena puasa..
dan satu lagi..belum sholat!
padahal itu hari Jumat yangmana harusnya sii cowo-cowo wajib buat sholjum..tapi apa daya..gak ada aba-aba buat jumatan..dan kalo kata saya sii..mushollanya juga gak ada..
sayapun belum dzuhur..susah bner deh di Singapore ini buat beribadah!
hahhh....
emang sebenernya tetep paling nyaman buat ngapa-ngapain ya pastinya di negara sendiri deh..walopun tetep lebih banyak juga kekurangannya..Indoku sayang Indoku malang..huhuu

ini dia beberapa peserta dari negara lain..negara yang berpastisipasi antara lain : Singapore, Hongkong, Filipina, Malaysia, Thailand dan pastinya Indonesia^^
jam 14.00..kalo menurut jadwalnya..kita semua lunch di Zero Energy Building, BCA academy. kita pergi kesana naek bus..

udah pada capek banget tampangnya..oya..kita kesana tanpa bawa-bawa tas baju kita..tas baju tetep masih di Holiday Inn..dan posterpun masih kosong melompong,,padahal nanti jam 7an udah harus di kasih panitia..huahuahua!

BCA academy Singapore, Building and Construction Authority..
terletak di 200 Braddell Road..gedung dibangun pada tahun 1984, dan diperuntukkan sebagai pelopor dan pemimpin perencanaan kontruksi gedung dan industri. Mereka selalu melakukan inovasi-inovasi dan pengembangan teknologi yang ramah lingkungan dan penerapannya pada gedung-gedung yang dibangunnya..

tampak depannya..


udah lusuh banget.. butuh mandi!! hihi
ada salah satu bangunan di komplek BCA ini yang nerapin konsep "Zero Energy Building"..



map Zero Energy Building


ini dia bangunannya..
di atapnya pake sel surya buat nangkep sinar matahari..gedung ini juga gak pake AC tapi udah dingin..penerangannya pun juga dari bukaan jendela cahaya matahari dan lampunya kalo sudah malam pake tenaga surya yang udah disimpen dari siang..
katanya..gedung ini bisa menghemat listrik sampai 50% dari normalnya..
sebenernya penggunaan kata Zero Energy maksudnya adalah lebih ke penggunaan secara efisien dan pemanfaatan energi alami untuk operasi gedung..

dinding dari gedung ini pun terdapat tumbuh-tumbuhan yang memang sengaja ditanami pada dinding tersebut..saya kurang paham kenapa..namun menurut hemat saya sii..air hujan yang mengaliri dinding dapat sekaligus dimanfaatkan untuk menyiram tanaman-tanaman tersebut..
efektif sekaligus efisien. selain itu tumbuhan hijaupun dapat tumbuh subur secara alami jadinya tanpa disiram manual.

tipe tumbuh-tumbuhannya


oyaa...acara di sini sampe jam 17.ooan..dan kita langsung keinget harus Check In dan mulai khawatir sama barang-barang yang ditinggal di Holiday In..
minta ijinlah kita sama Wani sebagai turgeid kita buat cao..


....pas jalan keluar, di parkiran ngeliat mobil-mobil keren lagi mejeng..
salah satunya ini..

mazda 3.. =9

rombongan dibagi dua..
saya-ambang-saher langsung ke Fragrance Hotel Geylang buat Check In..
Indah-Rikko-Irfan ke Holiday Inn Outram Park buat ambil barang-barang dan kertas poster yang masih kosong..

hemmm..masih punya waktu 2 jam lagi buat bikin poster kita pikir..
PLUS TIDUR DULUU..


*foto-fotonya sebagian dari rikko dan indah..ijin copas dan pasang yaa teman..^^

4 komentar:

  1. I mean you talk a lot about your trip.but I was wondering what's the essence on the seminar that you're attending? what's sort of things that you realize upon joining and actively discussing the topics being offered in that conference.

    I was just curious to learn more from you though. :-)

    BalasHapus
  2. yaa..esensi terpentingnya sii kita dari masing-masing negara bisa saling bekerjasama ngadepin isu negatif global ttg bumi kita ini..dan bisa ngajak lbh bnyk lg masyarakat terutama dr kalangan mhsiswa krn kita msh sekolah, dr negara msg2 peserta buat ikut program ini..mensosialisasikan gtuu..

    like i've told you..i like writing in fun way..^^
    this is my style jacob..(menulis langsung apa yg terlintas..)
    =9
    i hope u'll enjoy with my own way..tengkyu..hihi

    BalasHapus
  3. hohohoho
    mazda A3 nya udah ga ada, hehehehe padahal mau dikomen... huuu

    BalasHapus
  4. Akukan malu tauk..iya deh salah..kamu yg bner teruus..
    Huhhh..
    Iya maap..maap..mazda3 koq..bukan A3..
    Hehehe

    Makasiii..makasii koreksinya..

    (Sblom kamu cela2, udah aku ganti dulu yang..hehe >,<)

    BalasHapus